Tuesday 17 December 2013

Cara Memelihara Ikan Hias di Aquarium air Tawar



Aquarium akan makin indah jika tingkat kejernihan air dan isi dari akuariumnya terjaga, namun hal itu tidak mudah dicapai jika pehobiis tidak tau caranyam berikut tips untuk merawat akuarium aquarium.

1. Ganti air yang menguap
Penguapan air akuarium amat bergantung pada suhu serta jenis akuarium. suhu yang tinggi menyebabkan banyak berlangsung penguapan. jenis akuarium yang banyak memperoleh cahaya dapat menguapkan air semakin banyak dibanding akuarium yang lebih sedikit terima cahaya.
Penguapan mengakibatkan konsentrasi beragam bahan layaknya garam, kalsium, bahan kimia serta polutan hasil metabolisme ikan jadi lebih pekat, hingga butuh segera ditambahkan air yang baru. menambahkan air untuk ganti air yang menguap ini dapat dikerjakan tiap-tiap hari atau tiap-tiap minggu, bergantung banyaknya air yang menguap.

2. Bersihkan kaca akuarium serta ganti air
Pencahayaan yang cukup tinggi didalam aquascaping dapat menyebabkan perkembangan lumut di dinding kaca akuarium. banyak langkah untuk menghalangi perkembangan lumut tersebut. di antaranya gunakan hewan pemakan lumut layaknya ikan siamese algae eater, otocinclus sp. , malaysian snail, ramshorn, pond snail, mystery snail serta udang red cherry. langkah lain untuk bersihkan kaca serta menghalangi perkembangan lumut yaitu gunakan obat anti lumut / alga layaknya stop algae serta vitriol 5%. pemakaian obat anti algae ini mesti cocok dengan panduan pemakaian yang tercantum didalam kemasannya dikarenakan dosis yang terlampau banyak dapat mematikan tanaman air. untuk pembersihan kaca akuarium dengan manual /sendiri, kita bisa memakai alatlayaknya magnet pembersih, silet yang tajam, busa resin, atau dacron.

Tak ada aturan tentang frekuensi perubahan air di akuarium. perihal ini amat terkait dengan kepadatan ikan serta tanaman air. tetapi, sebagai patokan tiap-tiap minggu kerjakan perubahan 20 – 30 persen dari volume air akuarium atau tiap-tiap bln. perubahan sejumlah 50 – 60 persen dari volume air akuarium. air yang digunakan baiknya diendapkan terlebih dulu sepanjang semalam serta diaerasi dengan aerator dikarenakan dikawatirkan kandungan kaporit di dalam air yang cukup tinggi dapat beresiko untuk ikan serta tanaman air jika air tersebut tidak diendapkan terlebih dulu.

3. Pemupukan
Pemupukan diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh serta berkembang. pemakaian pupuk baiknya dikerjakan dengan teratur serta kontinu. ketidakteraturan pemakaian pupuk menyebabkan tanaman menguning apalagi mati. type pupuk yang biasa dipakai yakni pupuk cair yang takaran pemakaiannya sudah tercantum di kemasannya serta bisa dengan gampang ditemukan di toko aquascaping.

4. Pengecekan sistem filter
Tugas filter yaitu membantu melindungi mutu air di akuarium terus baik dengan biologis, mekanis, serta kimiawi. oleh dikarenakan itu situasi filter mesti terus baik. apabila terlampau banyak kotoran di filter, aliran air didalam filter dapat terbendung hingga kurangi pergerakan air didalam akuarium serta berikan beban berlebih pada pompa air. terlampau banyak kotoran di filter akan bikin limbah yang ada di air semakin banyak dari pada perombakan limbah di filter. pembersihan filter baiknya sekurang-kurangnya setiap minggu sekali hingga kebersihan akuarium terus terjaga.

5. Pembersihan gravel / substrat
Pembersihan gravel butuh dikerjakan dikarenakan gravel kerap ditutupi lumut, algae serta kotoran ikan hingga bikin tampilan akuarium kurang baik. manfaat pembersihan yang lain yakni menghindar dekomposisi kotoran ikan yang kedepannya dapat berbentuk toksik untuk ikan. pembersihan gravel umumnya dikerjakan pada permukaan gravel sisi atas saja dengan langkah disifon gunakan selang. didalam perihal menyifon butuh di perhatikan ukuran selang yang dipakai dikarenakan dapat terkait dengan daya hisap air yang dihasilkan. makin besar selang maka makin besar daya hisap air ayng dihasilkan. oleh dikarenakan itu kita mesti cermat saat memilih selang yang dipakai dikarenakan dikawatirkan dapat mengeruhkan air dan mencabut perakaran tanaman. untuk frekuensi pembersihan gravel umumnya tiap-tiap 1 bln. sekali.

6. Perawatan tanaman air
Tanaman air yang ditanam pasti dapat alami perkembangan hingga butuh ada perawatan dengan berkala. perawatan tersebut termasuk pemangkasan tanaman serta pembersihan tanaman dari daun – daun yang sudah mati. manfaat dari pemangkasan yakni untuk mempercantik tanaman, juga merangsang tumbuhnya cabang – cabang baru. pemangkasan bisa memakai gunting yang tajam. sisi yang dipangkas umumnya sisi pucuk atau sisi yang menutupi tanaman yang lain.

7. Pengecekan mutu air
Mutu air yang butuh di perhatikan didalam pengelolaan aquascaping adalah co2 ( karbondioksida ) bebas, oksigen terlarut ( do ), siklus nitrogen, ph, suhu, serta kesadahan. karbondioksida adalah factor yang sangat mutlak didalam pemeliharaan aquascape. karbondioksida bebas berperan untuk menolong menghindar perkembangan lumut dikarenakan bisa mengoptimalkan sistem fotosintesis tanaman air, dan melindungi keseimbangan asam basa didalam perairan dikarenakan bertindak saat mempertahankan keberadaan kalsium bikarbonat didalam larutan.
Donasi iklannya donk boz,utk makanin ikan Arwana ane... THANKS

6 comments:

  1. makasih gan artikelnya .. bermutu dan Sangat bermanfaat
    http://www.raja-taman.com/

    ReplyDelete
  2. tanama airnya ngga dimakan sama ikannya ya? hehe apa memang tidak makan dau yah ikannya?

    ReplyDelete
  3. mkasih gan info nya
    kunjungi juga blog saya
    http://aquariumkalbar.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. thank infonya gan.....kunjungi juga http://cara-menjernihkan-air-kolamrenang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. thank infonya gan.....kunjungi juga http://cara-menjernihkan-air-kolamrenang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. trimakasih infonya,,
    sangat bermanfaat,,
    salam sukses,,,.

    ReplyDelete