Tuesday, 16 April 2013

Umpan Ikan Patin Sungai dan Kolam

Para mancing Mania ada yang tau ikan di bawah ini kan??? ia betul ikan Patin  (Pangasius). bukan si Fatin yg X-Factor itu y... :D


Banyak pemancing di sungai maupun di kolam yang hanya menggunakan metode kuno, hanya menggunakan Cacing. Apalagi ikan Patin hampir sama dengan ikan Lele yg mencari makan di dasar dan Rakus dengan segala makanan, Tapi resep umpan cacing kadang juga susah karena sesuai ikan
dan alamnya.
Oleh karena itu saya akan memberikan resep Umpan Jitu Ikan Patin di kolam maupun sungai :

Resep 1 
Bahan: 
1. Telor bebek 1 btr
2. Roti tawar 5 lbr
3. Terasi udang ½ sdt
4. Pelet 500 gr
5. Air panas secukupnya

Cara pembuatan:
- Telor bebek yang diambil kuningnya saja, dicampur dengan sedikit terasi
- Roti tawar dan pellet di hancurkan dengan air panas
- Campurkan semua adonan aduk hingga pulen
- Tiriskan dan siap untuk memancing

Resep 2
Bahan:
1. Roti tawar
2. Minuman rasa jeruk
3. Kara
4. Cacing murni
5. Pelet
6. Tepung roti

Cara pembuatan:
- Pelet, roti tawar, tepung roti, kara dicampur
- Tambahkan dengan minuman rasa jeruk, aduk hingga rata
- Tempelkan bersama cacing murni yang sudah di kail

Resep 3
Bahan:
1. ini sederhana tapi cukup efisien Buah Sawit yang Matang/lembek di potong dadu terus dimasukan dikail keatas nilon sebagian,Berfungsi untuk memancing penciuman kepada sang predator Patin tsb.




 Gambar Memasang Sawit

 Salam Mancing Mania!!!
Donasi iklannya donk boz, utk makanin ikan Arwana ane... THANKS

39 comments:

  1. kalooo dklimantan kami pun jg pke umpan ini pak,mantappp jg hasilnya.... hehhee

    ReplyDelete
  2. klo ga mau ribet pake umpan idup aja , pake gaang cukup 2 aja untuk 1 mata kail , tpi jngan lupa potong dulu kaki sama mulut'a .

    ReplyDelete
  3. klo ga mau ribet pake umpan idup aja , pake gaang cukup 2 aja untuk 1 mata kail , tpi jngan lupa potong dulu kaki sama mulut'a .

    ReplyDelete
  4. Nice info gan, kebetulan di deket tempat tinggal saya ada danau namanya danau cipule,,, Ikan patin nya besar2, namun belakangan patinnya susah makan,,, sy mau nyobain resep dari mas bro... satu satu,,, tp btw ntu pelet, pakan ikan yg bulet2kan bukan pelet umpan seduh....?
    O iya mas bro kalo beli buah sawit mateng dmn ya, di mall ada enggak.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh agan ini ada2 aj..... mana ad buah sawit dijual di mall yg ad jg minyak sawit gan...... butuh berapa ton gan ntr ane kirim dri tmpt ane dah..... heheheheheheh.....

      Delete
    2. Bro km dikalimantan sering mancing di mana?

      Delete
    3. Kata temanku, klo pake buah Lia cepat, cuma aku belum pernah memakai juga, dan buah itu adanya di karang Intan mandiangin kal-sel

      Delete
  5. @all_______sory boss bru replay,,,

    Dedy___iaa pelet pkan,ikan biasa,
    duhh kl beliny kurng tau ada gk boss dimall :D

    ReplyDelete
  6. kalau mau kelapa sawit ya dikebon sawit mas... di mall..kalo punya tmn di Sumatra atau kalimantan minta tlg aja dikirim dr sana pake Tiki gak masalah namanya juga pengen nyoba..atau mo sy kirim mana alamatnya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro, ane mau dong dikirimin buah sawitnya... Buat nyoba.... Hehe serius ini... Email dong

      Delete
    2. Bro, ane mau dong dikirimin buah sawitnya... Buat nyoba.... Hehe serius ini... Email dong

      Delete
    3. boleh gan saya mau nyoba nih.......sms aja kalau bener mau kirim mah...nih no hp nya 085 220 218 708 (harris)

      Delete
  7. Srius gan, boleh juga tuh umpanY. pakai cara yg pertama cuma pertama aja mau makan. tapi setelah itu kembali ZOONK. cuma 1 ikan yg saya bawa pulang. apes pak broo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah tantangan dalm memncing bozz.. Kesabaran :D

      Delete
  8. di tempat tinggal saya ada kolam pemancingan,,, ada hadiah nya lw dapet ikan patin dapat hadiah,,, ikan patin nya besar bos dulu waktu pertama d masukin kolam berat nya 4 kg gak tau lw sekarang,, cuman gtu hingga sekarang lom ada yg dapat,, dapat nya cuma ikan byasa,,, saya coba bos semua resep nya mudah'an dapaet,,,,,,, amin

    ReplyDelete
  9. pernah coba pake ini ngak gan .
    1 bungkus pelet merah halus
    1 telur bebek
    5 jengkol tua/bewe
    caranya :
    aduk semua pelet beserta telur lalu jengkol diparut/blender agar halus
    dan di campur dengan adukan.

    selamat mencoba..

    ReplyDelete
  10. pelet yg jitu apa ya

    ReplyDelete
  11. Buah sawit yg diambil yg isi dalam nya (kelapa) atau kulit nya yg berserat kuning diluar,,krn di gambar kok isi kelapa nya kuning gan?

    ReplyDelete
  12. ikan patin bisa di casting g?kalo bs kita pake umpan casting jenis apa?

    ReplyDelete
  13. thank you bro...atas imformasi nya mudah-mudahan bermamfaat..

    ReplyDelete
  14. saya punya pohon nya pa dedi mau gaa paaa,,,
    hub ajh 085860076016

    ReplyDelete
  15. saya punya pohon nya pa dedi mau gaa paaa,,,
    hub ajh 085860076016

    ReplyDelete
  16. kalo pke tlur ayam gmna gan......

    ReplyDelete
  17. keren gan umpang mancing yang luar biasa

    ReplyDelete
  18. gan kbtlan bnget ni di tmpat sya ad lpasan ikan ptin dri pemancngn,,,
    tapi sial nyah ikan ptin itu kga mo makn m'pan sya,,,
    pdhl udh pke plet,biskuat,planeli....

    cba tlng umpan jitu buat ikan ptin lepasan it ap.

    ReplyDelete
  19. bagi yang membutuhkan racikan jadi untuk mancing ikan patin,lele,tombro,ikan mas dll bisa call ane di 087767884313

    ReplyDelete
  20. Ada juga nie bro resep jitu turun temurn dr mbah cokro.. ambil satu helai sempak nenek2 yg udah seminggu gk di cuci sama 1 helai kaos kaki yg udah seminggu jg blm di cuci..setelah itu sempak (kancut) dan kaos kaki tsb di beri air hangat lalu peras air nya campurkan dgn pelet.. pelet nya boleh merk apa aja aduk hingga kalis pelet tsb bulatkan sesuai dgn mata kail.. selamat mencoba .. pasti pada maburrr tuh ikan semua behahahaha..

    ReplyDelete
  21. keren artikelnya gan..hidup mancing

    ReplyDelete
  22. ane pake gorengan bakwan lur mantap.

    ReplyDelete
  23. Sy sdh baca beberapa artikel mengenai umpan patin,menurut saya bisa saja menggunakan gabin campur pelet,dan sembarang roti , tapi saya blm pernah mancing patin yg liar ..

    ReplyDelete
  24. Sy sdh baca beberapa artikel mengenai umpan patin,menurut saya bisa saja menggunakan gabin campur pelet,dan sembarang roti , tapi saya blm pernah mancing patin yg liar ..

    ReplyDelete
  25. PAKAI "BUMBU" SEGALA JENIS IKAN AKAN NGIKUT.
    MAU TAU BUMBUNYA?
    CANDU JAWA, JOS!

    ReplyDelete
  26. siapkan
    1 bks rokok ( korek bs pijam)
    1 gelas kopi (seduh di tempat)
    1 piring cemilan

    nah kalau umpan patin liar biasanya menggunakan campuran buah sawit dan mie instan,


    ReplyDelete