Tuesday 16 April 2013

Memilih Jenis Bahan Joran pancing (Rod)

Joran atau rod adalah komponen penting bagi seorang hobies mancing, dan bila anda sudah berpengalaman tentunya tak sulit untuk menentukan jenis joran yang sesuai dengan kebutuhan anda, akan tetapi bagi seorang pemula yang baru saja menekuni kegiatan ini tentu masih diliputi kebingungan saat memilih jenis joran yang hendak dibeli, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli joran.

Bahan Graphite
Saat ini graphite telah menjadi material paling populer sebagai bahan membuat joran. Sifatnya yang ringan dan kuat membuat graphite disukai para pemancing yang sering menghabiskan waktu seharian untuk memancing. Selain itu graphite mempunyai sensitifitas yang baik terhadap sentuhan ikan saat memakan umpan. Sensitivitas ini menjadi penting ketika kita menggunakan umpan yang ringan, sehingga kita bisa merasakan getaran pada joran saat umpan dimakan oleh ikan. Joran yang terbuat dari graphite biasanya merupakan joran premium yang tentunya bernilai ekonomis yang tinggi alias mahal.




Bahan Fiberglas
Sebelum material graphite populer, terlebih dahulu para produsen joran menggunakan fiberglass sebagai bahan utama pembuatan joran. Seiring berjalanya waktu dan banyaknya keluhan dari para pemancing yang umunya mengeluhkan tingkat sensitivitasnya yang kurang, bahan fiberglass sudah tidak lagi menjadi primadona bagi para pemancing. Bahkan beberapa pabrikan joran ternama sudah tidak menggunakan bahan fiberglass. Meski demikian, fiberglass masih digunakan untuk memproduksi joran flyfishing dan joran – joran yang ekonomis dengan harga yang tidak terlalu mahal. Bahan fiberglass memang lebih berat dibandingkan dengan graphite, namun fiberglass lebih tahan lama dibandingkan dengan graphite.




Bahan Composite
Bahan composite merupakan bahan yang sempurna menurut para pemancing saat ini. Composite memiliki tingkat keringanan dan sensitivitas layaknya graphite dan memiliki daya tahan seperti fiberglass. Oleh karen itu bahan ini sekarang menjadi primadona baru setelah era graphite.


itu sebagian bahan Joran yang Umum di Gunakan,Nah sekarang tinggal pilihan anda tergantung tempat dan kondisi ikan...


Salam Mancing Mania!!!
Donasi iklannya donk boz, utk makanin ikan Arwana ane... THANKS

No comments:

Post a Comment