Wednesday 12 June 2013

Umpan Lumut Untuk Memancing



1. Siapkan joran
jenis tegek atau orang jawa menyebutnya walesan, dan lebih saya sarankan menggunakan joran tegek dengan panjang antara 4-5 meter (lebih baik gunakan lebih dari satu joran/walesan untuk setiap orang). Biasanya orang jika menggunakan umpan lumut menggunakan walesan sederhana tidak seperti pancing laut.

2. Pelampung
Gunakan apungan dengan ukuran sedang, karet stopper, timbel atau pemberat dan mata pancing. Cara set pancing : stopper berada diposisi paling atas yang berfungsi sebagai penahan apungan, kemudian pasang apungan, pasang pemberat, dan terakhir mata pancing yang berada di posisi paling bawah.

3. Umpan Lumut
Siapkan umpan yaitu berupa lumut sawah yang bisa anda cari disawah yang masih basah atau sungai dengan air yang tenang, tapi jika tidak mau repot silahkan membeli.

4. Racikan
Siapkan tempat umpan atau lumut, anda bisa gunakan ember kecil atau bekas tempat cat yang terbuat dari plastik. Setelah itu masukan lumut dangan air secukupnya dan ditambah garam dapur sedikit kemudian di aduk(apabila lumut satu ember kecil maka takaran garam adalah dua sendok makan saja). Garam disini berfungsi agar lumut menjadi lengket sehingga ketika dimasukan ke dalam air tidak mudah memudar, namun jangan lupa jangan terlalu banyak karena lumut akan mudah membusuk.

5. Lokasi
Setelah semuanya siap anda harus menentukan lokasi memancing, saya sarankan ditempat yang terdapat banyak tumbuhan air seperti enceng gondok dan airnya tenang, karena biasanya ikan mujair suka berkumpul ditempat-tempat seperti ini. Jangan memilih tempat yang airnya terlalu keruh namun juga jangan terlalu jernih.

6. Pemasangan
Pasang umpan yang telah disiapkan pada mata pancing, karena anda menggunakan lumut maka cara memasang umpan tidak seperti umpan lainnya.  Caranya adalah masukan mata pancing pada ember yang sudah dipenuhi dengan lumut kemudian putar-putar mata pancing anda dengan tangan secara perlahan, sampai lumut menempel pada mata pancing sebanyak mungkin.

8. Fokus
Sambil merokok dan melototin apungan di air, tunggu hingga apungan bergerak. Jika apungan turun kebawah segera langsung tarik dan STRIKE..!!!
Donasi iklannya donk boz, utk makanin ikan Arwana ane... THANKS

No comments:

Post a Comment